Cara Akses Layanan Obat Gratis bagi Pasien Covid-19

SisiBaik.ID – Kementerian Kesehatan RI menyediakan layanan telemedisin Isoman (Isolasi Mandiri) bagi pasien terkonfirmasi COVID-19 varian Omicron. Melalui layanan tersebut pasien bisa mendapatkan layanan telekonsultasi dan paket obat gratis.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, untuk mendapat akses obat Covid-19, masyarakat harus melakukan pemeriksaan atau tes Covid-19 pada laboratorium yang merupakan jejaring dari sistem new all record (NAR) Kemenkes.

Nadia menyebutkan NAR Kemenkes terhubung dengan aplikasi PeduliLindungi sehingga status Covid-19 pasien langsung terkonfirmasi pada aplikasi tersebut.

“Jika hasilnya positif dan laboratorium penyedia layanan tes Covid-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kementerian Kesehatan atau NAR, maka pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes RI dengan centang hijau secara otomatis,” kata Nadia kepada Beritasatu.com, Minggu (13/2022).

Nadia menjelaskan apabila tidak mendapatkan Whatsapp pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

Setelah dapat Whatsapp pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedisin. Adapun cara untuk mendapatkan akses, yakni menekan link yang ada di pesan Whatsapp dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis.

17 Platform telemedicine

Adapun 17 platform telemedicine yang berkolaborasi dengan Kemenkes, yaitu Aido Health, Alodokter, GetWell , Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter , ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia dan YesDok.

Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat.

Nadia menegaskan hanya pasien dengan kategori layak isolasi mandiri (isoman) dengan kondisi tanpa gejala atau ringan yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis.

“Sasaran layanan telemedicine isoman perawatan Omicron adalah bagi pasien positif Omicron tanpa gejala atau gejala ringan, berusia minimal 18 tahun, kondisi rumah layak isoman, diperiksa di wilayah Jabodetabek, berdomisili di Jabodetabek,” katanya.

Obat gratis yang didapatkan pasien berupa paket A untuk pasien tanpa gejala, terdiri dari multivitamin C, B, E dan Zinc 10 tablet. Sedangkan paket B untuk pasien bergejala ringan terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg 40 tab dan parasetamol tablet 500 mg jika dibutuhkan.